Kesalahan Fatal Dalam Program Diet

Wednesday, April 25th 2018. | Tips Diet

Untuk kalian yang sedang menjalankan program diet, sangat disarankan untuk membaca beberapa kesalahan fatal yang sering kita lakukan saat diet berikut ini. Porsi Makan Untuk Diet Cepat Sehari Berapa Kali Nasi 1 Waktu Tidur Yang Baik Cara Agar Tidak Pusing Setelah Olahraga Manfaat 2

Diet sudah lama tapi berat badan tak kunjung turun juga. Hal tersebut pastinya sangat menyebalkan. Kebanyakan orang memang masih menganggap jika diet itu sama dengan mengurangi porsi makan. Namun jika sudah mengurangi porsi makan tetapi berat badan tidak kunjun turun juga, mungkin ada yang salah dengan pola diet yang dijalani. Beberapa kebiasaan buruk bisa saja menghambat program diet.

Kadang bahkan sudah berhasil menurunkan beberapa kilogram berat badan dalam waktu lama malah kembali naik dalam waktu singkat. Hal tersebut dikenal dengan istilah diet yoyo. Lantas apa saja yang kerap kali menyebabkan diet tidak berhasil atau menjadi diet yoyo? Yuk kita simak ulasanya!

Inilah Beberapa Kesalahan Fatal Yang Sering Kita Lakukan Saat Berdiet Dan Menjadi Penyebab Utama Gagal Diet

1. Berlapar-lapar

Kebanyakan orang akan mengurangi porsi dan jadwal makan selama berdiet. Jika biasanya mereka makan 3 kali sehari, saat diet mereka memilih makan hanya 2 kali sehari. Hal tersebut justru salah. Lapar adalah sinyal yang diberikan tubuh saat perut kosong dan gula darah menipis. Padahal otak memerlukan asupan nutrisi agar dapat tetap bekerja optimal.

Selain itu, dengan menahan lapar juga dapat mengakibatkan menurunya fungsi metabolisme tubuh dalam membakar lemak. Terlebih lagi dalam keadaan lapar tentu kita akan merasa lemas dan menjadi kurang produktif. Sebaiknya, makanlah sebanyak 6 kali sehari dengan porsi kecil. Tiga kali makan utama dan diselingi 3 kali makanan ringan untuk memacu metabolisme tubuh.

Baca Juga: ini petunjuk yang mengharuskan anda berhenti diet

2. Melewatkan Sarapan

Sarapan adalah hal penting untuk mengawali hari. Saat tidur, tubuh sama sekali tidak mendapatkan asupan nutrisi. Sedangkan tubuh memerlukan energi untuk menjalankan kegiatan. Jika melewatkan sarapan maka tubuh akan mengalami katabolik yaitu kedaan dimana tubuh berusaha memenuhi kebutuhan energi dengan mengambil masa otot. Dengan melewatkan sarapan pula kita jadi tergoda untuk menambah porsi makan siang yang akibatnya kalori yang masuk menjadi berlebih.

Baca Juga: cara agar bisa enak makan saat menjalankan diet

3. Enggan Makan Malam

Kalori yang dibakar saat tidur memang tidak sebanyak saat tubuh melakukan aktivitas. Akan tetapi kita tetap memerlukan nutrisi selama tidur. Karena saat tidur adalah saat dimana tubuh melakukan regenarasi sel-sel dalam tubuh. Saat tidur pula adalah saat diamana tubuh memerlukan protein agar hormon pertumbuhan dapat bekerja dengan baik. Maka dari itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan sumber protein sekitar 2 – 3 jam sebelum tidur.

Baca Juga: alasan kenapa anda selalu gagal dalam program diet

4. Tidak Makan Setelah Olahraga

Bagi sebagian orang, makan setelah olahraga sama saja membuat olahraga yang telah dijalankan menjadi sia-sia. Mungkin mereka menganggap jika makan setelah olahraga sama saja menumpuk kalori padahal mereka sudah mati-matian membakarnya dengan olahraga. Malah sebaliknya, kita disarankan untuk meminum karbohidrat dan protein 15 menit setelah berolahraga.

Sedangkan untuk makan berat disarankan satu jam setelahnya. Makanan tersebut nantinya akan menjadi senjata untuk membangun kembali pertahanan tubuh. Jika tubuh dipaksa mengubah cadangan lemak sedangkan tidak ada nutrisi masuk, aka lama-kelamaan tubuh menjadi rusak.

Baca Juga: cara mempercepat metabolisme tubuh agar cepat langsing

5. Tidak Memenuhi Kebutuhan Air Putih

Saat tubuh kekurangan air putih maka tubuh akan menahan banyak air sehingga menambah bobot tubuh. Disamping itu, kekurangan air putih juga dapat menyebabkan proses pencernaan dan metabolisme tubuh terhambat. Karenanya kita disarankan mengonsumsi air putih sebanyak 2–3 liter per hari.

Baca Juga: inilah yang sering menyebabkan anda gagal diet

6. Crash Diet

Diet tidak seimbang dengan sama sekali tidak mengonsumsi salah satu nutrisi penting seperti menghilangkan karbohidrat maupun lemak dalam menu diet atau bahkan hanya mengonsumsi makanan tinggi protein saja adalah jenis diet yang tidak sehat. Mungkin sebagian beranggapan jika lemak dan kerbohidrat adalah penyebab utama kegemukan dan lantas mengganti sumber energi dengan hanya mengonsumsi makanan tinggi protein.

Hal ini salah kaprah. Dalam menjalankan tugasnya, tubuh memerlukan lemak sebagai pelarut vitamin A, D, E dan K. Jika tidak ada sama sekali lemak yang masuk maka tubuh menjadi kekurangan vitamin tersebut. Diet yang benar yaitu diet dengan mengonsumsi nutrisi yang seimbang dan tidak menghilangkan salah satu unsur dan nutrisi penting yang diperlukan tubuh.

Baca Juga: cara mudah melangsingkan badan setelah melahirkan normal

7. Menjadwalkan Hari Bebas

Kadang kita merasa bahwa kita layak mendapatkan rewards setelah berhasil melalui diet selama beberapa hari. Karena itu, kita menetapkan salah satu hari dalam sepekan dimana kita bisa libur berdiet dan menyantap menu apapun pada hari itu. Ya, mungkin karena kita menganggap jika diet adalah suatu beban yang saat dapat melaluinya maka harus dirayakan dengan melupakan apa arti diet itu sendiri.

Tapi perlu kita ingat, diet sebenarnya adalah merubahan gaya hidup. Perubahan menuju pola hidup yang lebih sehat. Jika dari awal kita menganggap jika diet itu adalah sebuah beban, tentu kita akan merasa sulit melakukanya. Berbeda jika niat kita merubah gaya hidup menjadi lebih sehat, kita akan selalu mengingat tujuan awal kita dalam melakukan diet.

Baca Juga: cara melakukan diet kopi yang mudah dilakukan

Itulah beberapa penjelasan mengenai Kesalahan Fatal Dalam Program Diet yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua para pelaku diet.

Info Terkait Kesalahan Fatal Dalam Program Diet

cara diet agar tidak pusing, diet makan nasi 1 kali sehari, diet makan sehari 2 kali, manfaat makan 1 kali sehari, porsi makan untuk diet cepat, sehari makan berapa kali untuk diet, setelah olahraga makan nasi, waktu tidur yang baik untuk diet,