Hal Yang Membuat Makan Berlebihan Saat Diet

Monday, June 11th 2018. | Makanan Diet

Untuk kalian para pelaku diet sangat disarankan untuk membaca artikel mengenai beberapa hal yang memicu kita makan lebih banyak ketika melakukan diet berikut ini. Inilah Beberapa Alasan Serta Aneka Hal Maupun Kebiasaan Yang Bikin Kita Jadi Lebih Banyak Makan Saat Sedang Melakukan Program Diet Beserta Daftar Menu Larangan Diet Selengkapnya

Entah bagaimana, niat hati ingin menurunkan berat badan tapi yang ada tidak dapat mengendalikan nafsu makan. Meski sudah membulatkan tekad tapi tetap saja tidak dapat menolak keiinginan untuk terus makan. Hal ini sering disebut overeating atau keadaan dimana seseorang cenderung makan secara berlebihan.

Tentu hal ini tentu dapat menggangu kestabilan berat badan. Apalagi bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Bisa-bisa gagal deh menurunkan berat badan. Lantas apa saja sih penyebab seseorang mengalami overeating atau makan berlebihan? Berikut ini beberapa penyebabnya.

Inilah 7 Hal Yang Membuat Kita Jadi Lebih Banyak Makan Ketika Sedang Melakukan Program Diet

1. Pemanis Buatan

Makanan dengan tambahan pemanis buatan dapat mengacaukan program diet lho. Pemanis buatan memang memiliki nol kalori tapi kemampuan memberi rasa manis pada makanan berkisar 200 – 700 kali lebih kuat daripada pemanis alami. Jika dibiasakan mengonsumsi makanan dengan tambahan pemanis buatan ini, lama-kelamaan kemampuan otak untuk mendeteksi rasa kenyang akan melemah. Akibatnya seberapapun makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak ada rasa puasnya.

Hal tersebut akan sangat berbahaya karena walaupun pemanis buatan mengandung nol kalori tetapi bahan utama makanan tersebut tetap saja mengandung kalori. Jika sudah begini tak perlu ditanyakan lagi, jarum timbangan pasti akan condong ke kanan.

Baca Juga: makanan yang memicu tubuh kita jadi lebih mudah gemuk

2. Diet Yang Terlalu Ketat

Niat hati ingin menurunkan berat badan dengan diet ketat namun yang ada kamu malah tidak bisa menahan rasa lapar dan justeru makan dengan porsi berlebihan. Alih-alih hanya makan 2 kali sehari namun dengan porsi yang berlebihan. Hal ini tentu sama sekali tidak dibenarkan.

Tubuh mempunyai kemampuan tersendiri dalam mentolerir rasa lapar. Saat tubuh kekurangan kalori maka otak akan mengirim sinyal berupa rasa lapar yang membuat kita ingin makan. Saat inilah biasanya nafsu makan tidak terkontrol karena telah menahan rasa lapar secara berlebihan. Maka dari itu, makanlah dengan porsi kecil namun sering. Hal ini justeru dapat mencegahmu dari overeating lho.

Baca Juga: cara mudah melakukan program diet sehat untuk remaja

3. Subtitusi Makanan Sehat

Kadang saat berdiet pun kita masih ingin tetap makan cemilan. Namun biasanya kita akan cenderung mengganti cemilan tersebut dengan jenis makanan yang lebih sehat. Misalnya saja mengganti keripik kentang dengan apel. Yup! Memang lebih sehat tapi tetap saja rasa keduanya berbeda. Dan setelah apel habis maka tetap saja ingin makan keripik kentang. Dan akhirnya malah apel dan keripik kentang dimakan semua.

Mengganti cemilan dengan makanan yang lebih sehat memang baik. Namun jangan sampai kehabisan akal atau terpaku bahwa makanan sehat itu hanya berbentuk buah segar dan sayur mentah. Jika kamu memang menginginkan keripik kentang, kamu bisa kok tetap makan keripik. Hanya saja keripik sayur seperti keripik kale atau keripik sayur lain yang biasanya digoreng dengan teknik deep friying. Tentu akan lebih sedikit minyak yang terkandung di dalamnya. Lebih lagi rasa keduanya tidak jauh berbeda kok.

Baca Juga: makanan yang paling banyak mengandung karbohidrat kompleks

4. Hormon Yang Kurang Bekerja Secara Normal

Dalam otak terkandung hormon GLP-1. Hormon ini bertanggung jawab untuk mengatur tingkat kepuasan otak saat tubuh mengonsumsi makanan. Jika otak kekurangan hormon ini maka tubuh jadi tidak tahu kapan seharusnya berhenti makan. Tubuh akan terus menginginkan untuk diiisi makanan terutama makanan berlemak.

Baca Juga: daftar makanan yang bikin kita gagal diet secara total

5. Kurang Tidur

Apakah ada hubunganya kurang tidur dengan overeating? Tentu saja ada. Saat kurang tidur maka tubuh akan kekurangan hormon leptin yang berfungsi membuat tubuh merasa kenyang. Sedangkan hormon ghrelin yang membuat tubuh merasa lapar akanmeningkat. Karena itulah tubuh akan terus merasa lapar walaupun kita telah makan. Maka dari itu, saat kamu memutuskan untuk menjalankan program diet, sebaiknya kamu juga memastikan porsi tidurmu tercukupi.

Baca Juga: makanan yang bisa dijadikan sebagai penghancur lemak

6. Olahraga

Untuk menurunkanberat badan memang sudah semestinya diiringi dengan olah raga. Namun jika kegiatan ini tidak dilakukan dengan dengan benar, yang ada setelah olah raga tubuh akan merasa sangat lapar. Bisa ditebak apa yang dilakukan setelahnya. Ya, makan dengan porsi segunung untuk memuasakan rasa lapar yang mendera? Baikah hal ini? Tentu tidak! Maka dari itu, meskipun measa sangat lapar tetaplah makan dengan porsi wajar. Tubuh akan mendeteksi apakah kamu sudah berada pada keadaan kenyang setelah 20 menit. Maka dari itu makanlah dengan pelan-pelan. Tidak perlu terburu-buru. Nikmati setiap suapan dengan tenang.

Baca Juga: gerakan yoga yang dapat menurunkan berat badan

7. Makanan Rendah Lemak

Mentang-mentang terdapat label rendah lemak, bukan berarti kamu boleh mengonsumsi makanan jenis ini secara berlebihan ya! Sebagian orang mungkin tidak akan merasa bersalah saat mengosumsi makanan ini dengan porsi 2 kali lipat karena mereka berpikir makanan rendah lemak mengandung 40% kalori lebih sedikit. Ternyata salah, makanan rendah lemak hanya mengandung 11% kalori lebih rendah.

Terlebih makanan jenis ini biasanya mengandung tinggi natrium dan gula yang dapat memacu tubuh untuk mengonsumsi lebih banyak. Maka dari itu, tetap jaga porsi makan sekalipun makanan yang kamu konsumsi merupakan makanan rendah lemak ya!

Baca Juga: minuman diet yang cepat membakar lemak tubuh

Bagaimana? Setelah membaca beberapa penjelasan diatas semoga kamu bisa menghindari overeating agar program dietmu bisa berjalan sukses.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Hal Yang Membuat Makan Berlebihan Saat Diet yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua para pelaku diet.

Info Terkait Hal Yang Membuat Makan Berlebihan Saat Diet

akibat makan berlebihan dalam islam, akibat makan berlebihan menurut ilmu kesehatan, akibat makan tergesa-gesa, akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, apakah baik bagi kesehatan jika terlalu sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, banyak makan tetap kurus, dampak makan berlebihan bagi kesehatan, efek makan terlalu kenyang,